Manchester City Hackathon

Tim liga premier Inggris, Manchester City, telah 2 kali menyelenggarakan Hackathon sepak bola, yang masing-masing bernama HackMCFC dan HackManCity.

Penyelenggaran HackMCFC menjadikan Manchester City sebagai tim sepak bola pertama di dunia yang menyelenggarakan Hackathon, yaitu yang berlangsung pada tanggal 29-31 Juli 2016 di Etihad Campus, Manchester. Manchester City website menyebut HackMCFC sebagai Hackathon kelas dunia yang diharapkan dapat berguna dalam menunjang performa para pemain. Para peserta di HackMCFC diberi akses untuk menggunakan data yang ada pada sistem analisis performa, serta data detail para pemain dan juga berbagai pertandingan. Serangkaian data ini ditujukan untuk dapat membantu para peserta dalam menemukan inovasi. Hasilnya, 1 dari 12 tim yang dinobatkan sebagai pemenang pada Hackathon ini berhasil mengembangkan algoritma machine learning yang dapat membantu pengambilan keputusan dalam pertandingan. Tim ini pun berhak mendapatkan hadiah uang £7000 dari Manchester City.

Panduan
Ilustrasi: penyelenggara memberikan panduan kepada para peserta
capture
Ilustrasi: salah satu tim peserta yang berdiskusi selama Hackathon berlangsung

Hackathon kedua atau yang bernama HackManCity diselenggarakan pada tanggal 10-12 Februari 2017 di tempat yang sama. Hackathon yang berhasil menggandeng Google sebagai partner ini memiliki tema yang berbeda dengan Hackathon pertama, yaitu lebih befokus pada penguatan hubungan antara klub dan para suporter. Hackathon ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi yang membuat para pendukung dari Manchester City di seluruh dunia dapat merasa lebih dekat dengan klub mereka tersebut.

Hasilnya, 2 tim yang bernama Cityzen Band dan Buddy Up dinobatkan sebagai pemenang bersama, yang sama-sama mendapatkan hadiah uang £5000. Cityzen Band menawarkan solusi berupa arm band yang terhubung dengan mobile aplikasi Manchester City, sedangkan Buddy Up menghasilkan mobile aplikasi yang mana pendukung Manchester City di seluruh dunia dapat terhubung dengan pendukung lokal yang berada di Manchester agar mereka sama-sama dapat merasakan pengalaman menonton pertandingan Manchester City secara langsung.

Presentasi
Buddy Up, salah satu tim pemenang pada Hackathon kedua yang mempresentasikan hasil karya mereka

Sebagai penutup, acara Hackathon yang diselenggerakan oleh Manchester City ini dapat dijadikan contoh bagi klub-klub lain yang sedang berusaha untuk berinovasi. Tak hanya dapat menguntungkan klub-klub dalam segi prestasi dan bisnis, penyelenggaraan Hackathon juga berpotensi untuk menjadikan dunia sepak bola menjadi lebih baik.

Referensi:

https://www.mancity.com/news/club%20news/club%20news/2016/june/city%20to%20host%20hackathon

https://www.mancity.com/news/club-news/2016/08/01/hack-mcfc/1470064378487

http://www.hackmancity.com/

https://www.mancity.com/news/club-news/2017/02/13/manchester-city-host-second-successful-hackathon/1487000325017

https://www.mancity.com/news/club-news/2017/01/26/hack-man-city/1487080724618

Advertisements

2 thoughts on “Manchester City Hackathon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s