Tentang Inovasi, Hackathon, dan Sepak Bola

Click here for the English version

Sebagai pembuka blog ini, ada pertanyaan penting yang muncul: apa sih inovasi dan Hackathon itu? Bisa nggak sih Hackathon diterapin di dunia sepak bola?

Ya, inovasi pasti tidak asing di telinga kita. Ketika kita memandang sesuatu yang baru dan kreatif, mungkin kita langsung menyebut hal itu sebagai inovasi. Rogers, pengarang buku Diffussion of Innovation, menyebutkan bahwa inovasi adalah sebuah ide, proses, atau objek yang dianggap baru oleh sekelompok orang. Di sini, hal-hal yang dianggap sebagai inovasi oleh sekelompok orang di suatu daerah mungkin bukanlah inovasi lagi bagi orang-orang di daerah lain. Dan tentu saja, hal-hal yang dianggap inovasi itu haruslah sesuatu yang membawa manfaat.

Inovasi sering dianggap sebagai barang mahal yang bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar atau peneliti-peneliti tertentu. Oh tidak, sepertinya itu adalah hal yang keliru. Nyatanya, inovasi dapat kita temui dimana-mana di sekeliling kita. Iya, mungkin sesuatu yang kita anggap ‘nyeleneh’ ternyata adalah inovasi. Inovasi tipe ini biasa disebut dengan inovasi murah (atau inovasi Jugaad/Frugal). Yang terpenting, inovasi biasanya merupakan solusi dari suatu permasalahan.

frugal-innovation
Contoh inovasi Jugaad/Frugal: Seorang pengendara motor membawa barang guede banget di Jakarta

Selanjutnya, makhluk seperti apa yang bernama Hackathon itu? Hackathon adalah sebuah acara dimana para progammer berkumpul dan bekerja untuk menghasilkan suatu konsep atau produk dari persoalan yang diberikan dalam periode waktu yang singkat. Biasanya, Hackathon berlangsung selama 1 atau 2 hari, dan mungkin jarang yang sampai 1 minggu. Di hackathon ini, biasanya akan dipilih tim yang berhasil merancang solusi terbaik dan akan diberi penghargaan.

Hackathon picture
Foto ilustrasi Hackathon

Sepertinya terdengar agak “nyeleneh” kalau ada Hackathon dengan tema sepak bola. Ternyata, Hackathon dengan tema sepak bola sudah ada dan sudah beberapa kali dilakukan seperti Hackathon yang telah diadakan di Istanbul dan Hackathon yang diselenggarakan oleh tim premier league Manchester City. Tentu saja Hackathon sepak bola ini menandakan bahwa masih ada ruang yang lebar untuk berinovasi di dunia sepak bola. Terakhir, Hackathon sepak bola diharapkan dapat menghasilkan berbagai solusi yang bermanfaat bagi dunia sepak bola seperti halnya inovasi teknologi garis gawang yang baru-baru ini diterapkan di liga-liga top dunia.

Goal-line technology
Teknologi Garis Gawang
Advertisements

One thought on “Tentang Inovasi, Hackathon, dan Sepak Bola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s